Tampang

Gebrakan Toto Sugiri, Data Center Rp 103 Triliun Diurus Lulusan SMK

14 Sep 2024 05:26 wib. 58
0 0
Gebrakan Toto Sugiri, Data Center Rp 103 Triliun Diurus Lulusan SMK
Sumber foto: iStock

Toto, yang dikenal sebagai Bill Gates Indonesia, juga mengakui tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia di sektor data center. Salah satu tantangannya ialah minimnya posisi teknisi data center atau data center engineering yang memiliki tugas mulai dari desain hingga mengoperasikan data center. Tak hanya itu, konsultan juga masih jarang berasal dari Indonesia, sehingga masih banyak tenaga kerja asing yang dipekerjakan.

"Meski pendidikan dasarnya adalah mechanical, namun bisnis data center bukanlah bisnis IT, tetapi lebih pada disiplin electrical dan mechanical engineering. Hingga saat ini, tenaga terlatih dalam bidang ini masih sulit ditemukan, apalagi yang sudah bersertifikat. Konsultan pun berasal dari luar negeri," jelasnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Otto menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah bekerja sama dengan pemain data center terbesar di dunia untuk memberikan pelatihan. Melalui kerja sama ini, DCI Indonesia berharap mampu mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja asing dalam memenuhi kebutuhan teknisi data center.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?