Tampang

Banyak Modus Penipu Kuras Rekening, Ini Tips Agar M-Banking Tetap Aman

9 Jul 2024 15:09 wib. 93
0 0
Banyak Modus Penipu Kuras Rekening, Ini Tips Agar M-Banking Tetap Aman
Sumber foto: iStock

Pembobolan layanan mobile banking menjadi hal yang semakin marak dan sering dibicarakan di media sosial. Hal ini mengakibatkan para nasabah diharuskan untuk lebih berhati-hati dan kreatif dalam melindungi data pribadi mereka.

Rudi Adianto, seorang pengamat IT, memberikan saran kepada masyarakat untuk tidak terlalu mudah menyebarkan nomor ponsel pribadi sebagai langkah untuk menjaga keamanan akun mobile banking. Selain itu, Rudi juga membagikan cara untuk menjaga privasi dengan menggunakan dua nomor telepon genggam, dimana satu digunakan khusus untuk transaksi perbankan dan nomornya tidak disebarluaskan sedangkan yang lain digunakan untuk transaksi kecil-kecilan seperti Gopay dan OVO.

Dalam transaksi perbankan, terutama internet banking dan mobile banking, biasanya perbankan akan mengirimkan password khusus ke nomor ponsel milik nasabah, yang dikenal dengan OTP (One Time Password). OTP tersebut dikirimkan sebagai alat konfirmasi melalui SMS sebelum masuk atau mengakses layanan mobile banking.

Oleh karena itu, nomor ponsel dan OTP menjadi dua hal penting yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan layanan mobile banking. Rudi menjelaskan bahwa pembobolan layanan mobile banking yang terjadi di Indonesia umumnya disebabkan oleh kelalaian pengguna. Meskipun sistem pada layanan mobile banking telah terjamin keamanannya, faktor kelalaian manusia masih dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Percayakah Anda dengan Penyelenggara Pemilu: KPU?