Tampang

Kudeta Militer Gagal Total di Bolivia, Mengapa Ini Terjadi?

28 Jun 2024 18:49 wib. 38
0 0
Kudeta Militer Gagal Total di Bolivia, Mengapa Ini Terjadi?
Sumber foto: Unsplash

Bolivia baru saja dikejutkan dengan upaya kudeta militer yang gagal pada Rabu lalu. Kepala Angkatan Darat Bolivia, Jenderal Juan Jose Zuniga, ditangkap dalam detik-detik dramatis oleh tentara dan tank-tank kendaraan lapis baja di ibu kota La Paz. Sebelum penangkapan itu terjadi, gedung pemerintah diserbu oleh pasukan dan tank-tank, dan salah satu tank mencoba mendobrak pintu besi istana presiden.

Pada saat yang sama, Zuniga menyatakan bahwa angkatan bersenjata bermaksud untuk merestrukturisasi demokrasi di Bolivia. Namun, upaya tersebut mendapat penolakan dan protes dari Presiden Bolivia, Luis Arce, yang secara tegas mengatakan bahwa tidak seorangpun dapat merampas demokrasi yang telah mereka perjuangkan.

Kisruh ini merupakan pantulan dari ketidakstabilan politik yang sudah lama terjadi di Bolivia. Sejak tahun 2019, negara ini terpecah oleh konflik internal antara pendukung Presiden Arce, yang merupakan bagian dari Gerakan Menuju Sosialisme (MAS), dan mantan mentornya, Evo Morales, presiden Bolivia pertama dari suku asli yang sangat populer di kalangan rakyat.

Morales, meskipun berhasil memenangkan pemilihan pada 2019, dipaksa mengundurkan diri akibat protes atas dugaan kecurangan pemilu, dan melarikan diri dari negara tersebut. Namun, setelah Arce memenangkan kursi kepresidenan pada tahun 2020, persaingan politik antara keduanya terus berlanjut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Asam Urat di Usia Muda
0 Suka, 0 Komentar, 24 Apr 2024
boni hargens
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mei 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%