Tampang

Banyak Modus Penipu Kuras Rekening, Ini Tips Agar M-Banking Tetap Aman

9 Jul 2024 15:09 wib. 116
0 0
Banyak Modus Penipu Kuras Rekening, Ini Tips Agar M-Banking Tetap Aman
Sumber foto: iStock

Menurut Rudi, dalam sebuah sistem, mata rantai yang paling lemah adalah elemen manusianya, yang rentan dimanipulasi. Di Indonesia, serangan peretasan tidak selalu membutuhkan keterampilan teknis, tapi lebih kepada social engineering, yaitu bagaimana caranya agar korban memberikan kode OTP.

Selain itu, Alfons Tanujaya, seorang Analisis Keamanan Siber Vaksin.com, juga memberikan tips sederhana kepada pengguna untuk mengamankan privasi akun mobile banking mereka, yaitu:

  1. Jangan pernah mengikuti perintah apapun, seperti mengirimkan SMS, mengaktifkan fitur call forwarding, atau tindakan lain yang tidak diketahui tujuannya.
  2. Selalu aktifkan dan perhatikan notifikasi transaksi kartu kredit atau akun bank. Jika ada aktivitas yang mencurigakan, segera hubungi bank untuk mengamankan dana anda.
  3. Tidak disarankan untuk menyimpan nomor kartu kredit di aplikasi yang mempermudah transaksi, karena jika akun diretas, kartu tersebut berpotensi disalahgunakan.

Direktur BCA, Santoso, juga memberikan himbauan kepada nasabah untuk tidak memberikan informasi perbankan kepada orang lain, seperti nomor rekening, username id di mobile banking, dan informasi penting lainnya. Ia menekankan bahwa penting untuk menjaga kerahasiaan informasi perbankan tersebut, karena bahkan jika rumah telah digembok dengan berbagai kunci, namun jika pemiliknya membocorkan kunci tersebut, maka rumah tersebut bisa dibobol. Oleh karena itu, informasi perbankan sangat penting dan harus dijaga kerahasiaannya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?