Tampang

Awas Boeing Bisa Bangkrut, Karyawan Pabrik Mau Mogok Massal

18 Jul 2024 21:06 wib. 137
0 0
Awas Boeing Bisa Bangkrut, Karyawan Pabrik Mau Mogok Massal
Sumber foto: iStock

Serikat pekerja pabrik Boeing di Negara Bagian Washington, Amerika Serikat (AS), telah menyetujui untuk melakukan pemogokan kerja setelah pengumuman hasil voting pada Rabu lalu. Sekitar 30.000 pekerja yang terlibat dalam pembuatan Boeing 737 MAX dan pesawat jet lainnya, berkumpul di T-Mobile Park Seattle dan sekitar 99% dari mereka setuju untuk melakukan mogok kerja. Kesepakatan ini merupakan respons atas tuntutan mereka akan kenaikan gaji sebesar 40% dalam kurun waktu 16 tahun. Keputusan ini memperberat kondisi Boeing yang sedang mengalami serangkaian skandal dan kerusakan, sehingga menyebabkan saingan mereka, Airbus, unggul dari segi pemesanan.

Presiden Asosiasi Internasional Ahli Mesin dan Pekerja Dirgantara (IAM), Jon Holden, yang mewakili karyawan Boeing, menyatakan kekhawatiran serius terhadap kondisi perusahaan saat ini. Ia mengungkapkan, "Pekerjaan kita, warisan kita, dan reputasi kita sedang dipertaruhkan saat ini. Keputusan buruk yang dibuat di tingkat eksekutif Boeing membahayakan mata pencaharian kami."

Selain tuntutan kenaikan gaji, para pekerja juga menyoroti tantangan keuangan dan produksi yang dihadapi oleh perusahaan, namun hal ini tidak membuat mereka mundur dari perundingan. Dalam konteks ini, serikat pekerja Boeing sepakat untuk mengambil tindakan mogok kerja sebagai pesan yang kuat kepada manajemen perusahaan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.