Tampang

Apa Kontroversi di Balik Fitur Recall pada Windows 11?

19 Okt 2024 04:26 wib. 42
0 0
Apa Kontroversi di Balik Fitur Recall pada Windows 11?
Sumber foto: Unsplash.com

Pembaruan Windows 11 versi 24H2 telah menimbulkan kekhawatiran dan kritik dari para pengguna serta ahli teknologi. Fitur terbaru bernama Recall, yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI), menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna Windows. Meskipun Recall dirancang untuk memudahkan pengguna dalam melacak aktivitas di layar dan menemukan kembali pekerjaan sebelumnya, banyak yang merasa bahwa fitur ini melanggar privasi.

Recall mampu mencatat aktivitas pengguna di layar, serta mengintegrasikannya ke dalam timeline untuk memudahkan pengguna menemukan kembali catatan atau item yang diperlukan. Namun, kekhawatiran muncul ketika fitur ini secara default diaktifkan setelah pembaruan 24H2. Para pengguna merasa kehilangan kontrol atas pengaturan privasi dan keamanan data pribadi mereka.

Salah satu kritik utama yang dihadapi oleh Windows 11 terkait Recall adalah ketidakmampuan pengguna untuk menonaktifkan fitur ini dengan mudah. Chris Titus Tech, seorang YouTuber dan pengembang perangkat lunak terkenal, melakukan pengujian dan menemukan bahwa upaya untuk menonaktifkan Recall secara manual dapat menimbulkan gangguan, seperti kehilangan Mode Gelap dan dukungan untuk beberapa tab di File Explorer.

Tidak hanya itu, Recall juga dituduh terikat dengan sistem inti Windows, sehingga perubahan pengaturan akan berdampak pada fungsi-fungsi penting lainnya. Hal ini membuat banyak pengguna merasa kecewa dan kurang puas dengan perubahan yang terjadi setelah pembaruan. Integrasi Recall ke dalam sistem Windows 11 telah memunculkan pertanyaan serius mengenai pengorbanan privasi dan kebebasan pengguna, terutama dengan semakin meningkatnya penggunaan kecerdasan buatan di dalam sistem operasi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Segudang Manfaat dari Bawang Putih
0 Suka, 0 Komentar, 23 Okt 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.