Tampang

Daftar Harta Kekayaan 7 Presiden RI

6 Jul 2024 15:25 wib. 283
0 0
Daftar Harta Kekayaan 7 Presiden RI
Sumber foto: Gramedia.com

Seiring dengan mendekatnya akhir masa jabatannya, Joko Widodo atau Jokowi akan meninggalkan jabatannya sebagai Presiden pada Oktober 2024. Ketika itu tiba, masyarakat Indonesia pasti akan menyebut Jokowi dengan atribusi baru, yaitu Presiden RI ke-7.

Sebagai orang nomor 1 di Indonesia, segala aspek tentang kehidupan seorang presiden selalu menarik untuk dikulik. Salah satu aspek yang menarik perhatian adalah harta kekayaan. Lantas, berapa kekayaan yang dimiliki oleh Jokowi apabila dibandingkan dengan presiden-presiden sebelumnya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat daftar harta kekayaan tujuh Presiden Indonesia, termasuk Jokowi:

1. Soekarno

Belum diketahui secara pasti seberapa besar harta kekayaan dari Presiden pertama RI tersebut. Namun berdasarkan sebuah koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012 seperti dikutip dari detikcom, di tahun yang sama pernah menyebut data kekayaan Soekarno sebesar US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

Adapun, koran Kronen Zeitung termasuk salah satu koran tertua di Austria. Mereka terbit sejak 2 Januari 1900.

2. Soeharto

Mengutip detikcom, The United States Treasury mendeteksi adanya perpindahan uang dalam jumlah besar mencapai US$ 9 miliar ke bank di Austria pada tahun 1998 setelah Soeharto lengser. Uang tersebut merupakan milik Presiden kedua itu.

Namun angka tersebut diyakini hanya sebagian dari harta yang dimiliki Soeharto selama masa jabatannya selama masa periode 1966-1998.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.