Tampang

Perspektif Islam tentang Lingkungan Hidup Tanggung Jawab Manusia sebagai Khalifah

4 Mei 2024 17:24 wib. 55
0 0
Lingkungan Hidup Tercemar

Lingkungan hidup adalah salah satu topik yang semakin menjadi perhatian global dewasa ini. Berbagai negara dan individu berupaya untuk memberikan kontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam konteks ini, Islam memiliki perspektif yang unik tentang lingkungan hidup. Dalam ajarannya, Islam menekankan tentang tanggung jawab manusia sebagai Khalifah di muka bumi yang harus menjaga dan merawat lingkungan hidup.

Tanggung Jawab Manusia sebagai Khalifah

Sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur'an, "Dan Dia telah menjadikan kamu khalifah di bumi…" (Q.S. Al-An'am: 165). Ayat ini menggambarkan bahwa manusia diberi tanggung jawab sebagai pemimpin atau pengelola bumi. Sebagai Khalifah, manusia diminta untuk bertindak dengan penuh tanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Tanggung jawab sebagai Khalifah juga sejalan dengan hadis Rasulullah saw. yang menyatakan bahwa "Dunia ini hijau dan indah, dan Allah telah menjadikan kalian sebagai pengelolanya," (HR Muslim). Dari hadis ini, dapat dipahami bahwa manusia diberi mandat untuk merawat dan menjaga kelestarian alam semesta sebagai wujud syukur atas anugerah yang Allah berikan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?