Tampang

Malam Lailatul Qadar : Keutamaan yang Harus Diketahui di Bulan Ramadhan

17 Mar 2024 12:47 wib. 1.563
0 0
lailatul qadar
Sumber foto: Google

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh keutamaan di bulan Ramadhan. Menurut ajaran Islam, malam ini memiliki keistimewaan yang luar biasa dan penuh berkah. Untuk umat muslim, Lailatul Qadar adalah malam yang patut disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Terdapat beberapa keutamaan malam Lailatul Qadar yang perlu diketahui agar umat muslim dapat memperoleh manfaat yang besar dari malam tersebut.

1. Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki keutamaan yang sangat istimewa, di antaranya adalah keberkahan dan keampunan. Dalam surah Al-Qadr ayat 1-5, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Ayat-ayat ini mengisyaratkan betapa besar keutamaan malam Lailatul Qadar. Keberkahan yang terkandung dalam malam tersebut dianggap lebih besar dari seribu bulan. Malaikat turun ke bumi dengan izin Allah SWT untuk mengatur segala urusan. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, doa, dan dzikir pada malam Lailatul Qadar.

2. Kemungkinan Diperolehnya Kebaikan yang Berlipat-lipat

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh barakah, dimana amal baik yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Saat itu, Allah SWT memberikan kesempatan kepada umat-Nya untuk memperoleh pahala yang berlipat-lipat. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh, sedekah, dan ibadah pada malam tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

5 Tanda Bahwa Hati Anda Penuh Racun
0 Suka, 0 Komentar, 18 Des 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?