Tampang

Lagi Wudhu kok Berbicara, Memangnya Boleh? Ternyata Kata Ustaz Adi Hidayat Hukumnya Itu...

24 Apr 2024 23:06 wib. 24
0 0
Lagi Wudhu kok Berbicara, Memangnya Boleh? Ternyata Kata Ustaz Adi Hidayat Hukumnya Itu...
Sumber foto: google

Saat sedang melaksanakan wudhu, apakah diperbolehkan untuk berbicara? Apakah berbicara bisa membatalkan wudhu? Hal ini sering menjadi pertanyaan bagi umat Muslim yang ingin menjalankan ibadah dengan benar. Beberapa orang mungkin menghindari berbicara saat wudhu karena khawatir dapat membatalkan ibadah, sementara yang lain terlihat nyaman sambil berwudhu sambil mengobrol dengan orang lain. Pertanyaannya, apakah benar wudhu sah jika dilakukan sambil berbicara? Dari penjelasan Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah kajiannya, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam mengenai masalah ini.

Ustaz Adi Hidayat menjawab pertanyaan tersebut dengan tegas. Menurutnya, berbicara saat sedang berwudhu bukanlah hal yang membatalkan wudhu itu sendiri. Meskipun demikian, dia menekankan bahwa berbicara saat wudhu dapat menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan pahala dan ampunan dosa. Dalam hadis, disebutkan bahwa seseorang yang tidak berbicara mulai dari saat berwudhu hingga melaksanakan shalat akan mendapatkan ampunan dosa dan pahala. Meskipun berbicara saat wudhu tidak secara langsung membatalkan wudhu, hal ini tetap menjadi sebuah kerugian bagi umat Muslim karena kehilangan kesempatan mendapat pahala.

Namun, Ustaz Adi Hidayat juga menegaskan bahwa berbicara saat wudhu bukanlah suatu larangan, dan juga bukan berarti membuat wudhu menjadi tidak sah. Ada sebuah hadis yang mengatakan untuk tidak berbicara mulai dari wudhu hingga shalat, namun berbicara saat wudhu tidak langsung membatalkan wudhu. Meskipun demikian, Ustaz Adi Hidayat menekankan bahwa umat Muslim tetap sebaiknya memanfaatkan waktu wudhu dengan menjaga kesucian hati dan pikiran, serta menghindari segala hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam beribadah.

Dari penjelasan Ustaz Adi Hidayat, dapat disimpulkan bahwa meskipun berbicara saat wudhu tidak secara langsung membatalkan wudhu, umat Muslim tetap disarankan untuk memanfaatkan waktu wudhu dengan sebaik mungkin. Tetap menjaga kesucian hati dan pikiran, serta menghindari segala hal yang dapat mengganggu konsentrasi dalam beribadah adalah hal yang ditekankan. Sehingga, meskipun berbicara saat wudhu tidak membuat wudhu menjadi tidak sah, namun menghindari berbicara saat wudhu adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala dan ampunan dosa. Dengan demikian, kita sebagai umat Muslim sebaiknya memperhatikan hal ini agar ibadah kita menjadi lebih berkualitas.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

bunga ahok
0 Suka, 0 Komentar, 26 Apr 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?