Tampang

Ini Dia, Ibadah yang Dilihat Langsung oleh Malaikat

27 Jun 2024 17:09 wib. 30
0 0
malaikat jibril a.s
Sumber foto: pinterest

Ibadah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia, terutama bagi umat beragama. Bagi umat Islam, ibadah adalah kewajiban yang harus dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Namun, ternyata tidak semua ibadah yang dilakukan manusia dapat langsung dilihat oleh malaikat. Meskipun demikian, terdapat beberapa ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat. Lalu, apa saja ibadah yang dapat dilihat langsung oleh malaikat tersebut?

Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa malaikat merupakan makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT. Mereka memiliki tugas dan fungsi tertentu sesuai dengan kehendak Allah SWT. Salah satu tugas utama malaikat adalah mencatat amal perbuatan manusia, baik yang baik maupun yang buruk. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, "Sesungguhnya Malaikat yang ditugaskan di sisi Allah tidak merasa sombong untuk menyembah-Nya dan tidak pula merasa letih." (QS. Al-Anbiya: 19). Dari ayat ini, dapat dipahami bahwa malaikat memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT.

Salah satu ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat adalah shalat. Shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Ketika seorang Muslim melaksanakan shalat, malaikat akan mendampinginya. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah Ta'ala memerintahkan kepada malaikat-malaikat-Nya untuk datang kepadaku untuk melihat perbuatan hamba-hamba-Ku. Maka bila mereka mendapati hamba-hamba-Ku melaksanakan shalat, maka mereka akan melihat shalatnya." (HR. Bukhari). Dari hadis ini, kita bisa mengetahui bahwa shalat merupakan ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat.

Selain shalat, ibadah lain yang juga dilihat langsung oleh malaikat adalah sedekah. Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ketika seseorang bersedekah, malaikat akan mencatatnya sebagai amal kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap orang yang bersedekah, ada malaikat yang membawa sedekah itu dengan kedua tangannya, lalu diletakkannya di dalam timbangan hingga kiamat." (HR. Tirmidzi). Dari hadis ini, dapat dipahami bahwa sedekah merupakan ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%