Tampang

5 Manfaat Psikologis Membacakan Dongeng pada Anak

14 Apr 2024 18:14 wib. 226
0 0
Dongeng
Sumber foto: Google

Membacakan dongeng kepada anak merupakan kegiatan yang banyak dilakukan oleh orangtua di seluruh dunia. Tidak hanya memberikan kesenangan dan hiburan semata, membacakan dongeng pada anak juga memiliki dampak positif dalam pengembangan psikologis mereka. Berikut adalah 5 manfaat psikologis membacakan dongeng pada anak yang perlu kita ketahui.

1. Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

Membacakan dongeng pada anak dapat membantu mereka untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Ketika anak mendengarkan cerita yang penuh dengan tokoh-tokoh imajinatif dan petualangan fantastis, mereka secara tidak langsung turut serta menciptakan dunia cerita tersebut dalam pikiran mereka. Hal ini akan merangsang perkembangan imajinasi anak, yang dapat membantu mereka dalam berpikir kreatif dan menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi di masa depan.

2. Membangun Hubungan Emosional

Dongeng juga dapat menjadi sarana untuk membangun hubungan emosional antara orangtua dan anak. Saat seorang orangtua membacakan dongeng secara rutin kepada anak, hal ini menciptakan momen-momen berkualitas di mana anak merasa dekat dan terhubung dengan orangtuanya. Hal ini juga dapat menjadi momen yang intim dan menyenangkan bagi anak, sehingga memperkuat ikatan emosional antara mereka.

3. Mengajarkan Nilai-nilai Moral

Dongeng seringkali mengisahkan tentang tokoh-tokoh yang menghadapi konflik dan mengambil keputusan di saat-saat sulit. Dari cerita-cerita ini, anak bisa belajar banyak tentang nilai-nilai moral dan sekadar belajar bagaimana menghadapi berbagai situasi serta konsekuensinya. Ini menjadi cara yang baik untuk mengajarkan anak tentang pentingnya bertanggung jawab, jujur, dan empati.

4. Mengurangi Kecemasan

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?