Tampang

Ini Dia, Ibadah yang Dilihat Langsung oleh Malaikat

27 Jun 2024 17:09 wib. 37
0 0
malaikat jibril a.s
Sumber foto: pinterest

Amalan lain yang dilihat langsung oleh malaikat adalah membaca Al-Qur'an. Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang harus dibaca dan dipahami. Ketika seseorang membaca Al-Qur'an, malaikat akan turun untuk mendengarkannya. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan. Setiap kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf." (HR. Tirmidzi). Dari hadis ini, dapat dipahami bahwa membaca Al-Qur'an juga merupakan ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat.

Terakhir, ibadah lain yang dilihat langsung oleh malaikat adalah berzikir kepada Allah SWT. Berzikir merupakan kegiatan mengingat dan memuji Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Saat seseorang berzikir, malaikat akan hadir untuk mencatatnya sebagai amal kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, "Suatu kaum yang tak lain hanyalah para Malaikat yang berkeliaran di jalan, kemudian mereka menemukan suatu kaum yang berzikir kepada Allah." (HR. Muslim). Dari hadis ini, dapat dipahami bahwa berzikir juga merupakan ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat.

Dalam ajaran Islam, ibadah merupakan suatu bentuk pengabdian yang harus dilakukan oleh umat manusia kepada Allah SWT. Meskipun Allah SWT Maha Mengetahui segala hal yang terjadi, namun untuk memberikan keteladanan dan mendokumentasikan amal perbuatan manusia, malaikat-lah yang ditugaskan untuk melihat langsung ibadah yang dilakukan manusia. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, sangatlah penting bagi kita untuk selalu melaksanakan ibadah dengan ikhlas dan konsisten, karena ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat merupakan bukti dari keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa beberapa ibadah yang dilihat langsung oleh malaikat antara lain shalat, sedekah, membaca Al-Qur'an, dan berzikir. Semoga dengan mengetahui hal ini, kita dapat lebih memperbaiki kualitas ibadah kita kepada Allah SWT dan senantiasa mendapatkan keberkahan dalam hidup kita. Allah SWT Maha Mengetahui segala amal perbuatan hamba-Nya, dan dengan berbuat baik, semoga kita selalu mendapatkan keberkahan-Nya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan berkah-Nya kepada kita. Aamiin.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

'Berguru' Bisa dari Mana Saja
0 Suka, 0 Komentar, 12 Jan 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%