Tampang

Apakah Darah Hewan Kurban itu Najis?

12 Jun 2024 16:45 wib. 40
0 0
darah
Sumber foto: Google

Setiap tahunnya, umat Muslim memperingati hari raya Idul Adha dengan pelaksanaan ibadah kurban. Dalam ibadah tersebut, para mukmin dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT. Salah satu masalah yang sering muncul terkait dengan ibadah kurban adalah status darah hewan kurban apakah termasuk dalam kategori najis atau tidak.

Darah hewan kurban merupakan salah satu komponen yang cukup kontroversial dalam pandangan fiqih Islam. Pemahaman terhadap keabsahan penggunaan darah hewan kurban ini memang menjadi perdebatan di kalangan ulama. Beberapa ulama berpandangan bahwa darah hewan kurban adalah najis dan harus segera dibersihkan, sementara sebagian yang lain berpendapat bahwa darah hewan kurban tidak termasuk dalam kategori najis.

Sebagian ulama yang berpendapat bahwa darah hewan kurban itu najis merujuk pada hadis Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa darah hewan kurban adalah najis. Mereka berpendapat bahwa hadis tersebut memberikan penjelasan yang jelas terkait status darah hewan kurban. Oleh karena itu, menurut pandangan mereka, darah hewan kurban harus segera dibersihkan agar tidak mencemarkan lingkungan sekitarnya.

Namun, di sisi lain, ada pula ulama yang berpendapat bahwa darah hewan kurban tidak termasuk dalam kategori najis. Mereka mengacu pada pendapat yang menyatakan bahwa darah hewan kurban tidak dianggap najis karena merupakan bagian dari ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Selain itu, beberapa ulama juga mengemukakan argumen bahwa jika darah hewan kurban dinilai najis, maka hal itu akan mempersulit umat Muslim dalam menjalankan ibadah kurban.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%