Tampang

Prabowo Subianto Dilantik Sebagai Presiden: Dampak Tekanan Global yang Semakin Ngeri?

30 Jun 2024 20:20 wib. 223
0 0
Prabowo Subianto Dilantik Sebagai Presiden: Dampak Tekanan Global yang Semakin Ngeri?
Sumber foto: suara.com

Hasil pemilu AS tersebut akan berdampak pada peta geopolitik global, termasuk hubungan dengan China. Implikasi dari pemilu AS juga diperkirakan akan memengaruhi inflasi AS, yang kemungkinan sulit turun hingga penyelenggaraan pemilu. Situasi politik yang panas di AS dapat mempengaruhi minat investor asing di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, yang kemungkinan dapat menyebabkan melemahnya mata uang rupiah.

2. Proyeksi Perekonomian China dan India Menurun

Perekonomian China dan India diproyeksikan akan tumbuh lebih rendah pada tahun 2024. Perlambatan ekonomi kedua negara tersebut diprediksi akan memberikan dampak yang cukup besar bagi ekonomi Indonesia, mengingat China dan India merupakan salah satu penerima ekspor terbesar Indonesia.

IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan stagnan pada kisaran 5% hingga 2029 atau saat periode pertama kepemimpinan Prabowo berakhir. Ekspor non-migas Indonesia ke China dan India yang mencapai sekitar 31,64% dari total ekspor non-migas, dapat terpengaruh oleh perlambatan ekonomi kedua negara tersebut.

3. Ketegangan Politik dan Perang Antar Negara

Ketegangan antara Iran dan Israel, serta perang saudara di negara tetangga Indonesia, dapat memberikan dampak negatif bagi Indonesia. Situasi ketegangan geopolitik yang melibatkan banyak negara untuk menyelesaikan masalah diprediksi akan berlangsung hingga akhir tahun atau saat Prabowo menjabat sebagai Presiden RI Oktober mendatang.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.