Tampang

Perang Korea: Konflik yang Membelah Semenanjung Korea

25 Mei 2024 21:12 wib. 106
0 0
Hight Tension in Korean Peninsula
Sumber foto: Pinterest

Perang Korea merupakan salah satu konflik bersejarah yang telah membentuk wajah politik, sosial, dan ekonomi di Semenanjung Korea. Konflik ini mengakibatkan dampak besar bagi kedua negara yang terlibat, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan. Diperkirakan bahwa lebih dari 2 juta jiwa tewas selama perang tersebut, membuatnya menjadi salah satu perang paling mematikan dalam sejarah Asia Timur.

Latar Belakang Perang Korea

Perang Korea terjadi setelah Korea meraih kemerdekaannya dari Jepang pada tahun 1945. Korea pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu Korea Utara yang didukung oleh Uni Soviet dan Korea Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat. Pada tanggal 25 Juni 1950, Korea Utara meluncurkan invasi ke Korea Selatan dengan tujuan untuk menyatukan kembali semenanjung tersebut di bawah satu pemerintahan komunis.

Pada awalnya, Korea Selatan sangat kewalahan menghadapi serangan Korea Utara. Namun, bantuan datang dari PBB dan Amerika Serikat yang bersama-sama membantu Korea Selatan melawan Korea Utara. Pasukan PBB yang terdiri dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia pun turut serta dalam menghadapi pasukan Korea Utara. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%