Tampang

Fenomena Dinasti Politik di DPR, Orang Biasa Semakin Tak Berpeluang

5 Okt 2024 11:10 wib. 83
0 0
Fenomena Dinasti Politik di DPR, Orang Biasa Semakin Tak Berpeluang
Sumber foto: Google

Fenomena Dinasti Politik di DPR-RI periode 2024-2029 semakin memperkecil peluang wakil rakyat dari kalangan biasa. Hal ini disampaikan oleh Peneliti Pusat Riset Politik BRIN, Firman Noor, yang telah melakukan analisis mendalam terkait dinasti politik yang kian mengakar di tubuh lembaga legislatif teratas di Indonesia.

Menurut Firman Noor, fenomena ini juga bisa membatasi pilihan masyarakat karena elit partai politik cenderung memajukan calon anggota legislatif yang berasal dari keluarga politik yang sudah eksis di kancah politik. Hal ini tentu sangat memprihatinkan, karena merugikan bagi demokrasi sejati yang seharusnya memberikan ruang yang adil bagi siapa pun untuk mewakili suara rakyat.

Dinasti politik di DPR mengacu pada praktik menjadikan kursi parlemen sebagai "warisan keluarga" atau hanya ditempati oleh anggota keluarga politik yang telah memiliki hubungan darah dengan figur politik sebelumnya. Fenomena ini telah menjadi pembahasan panas di kalangan akademisi dan aktivis politik, mengingat potret demokrasi yang semakin suram di tengah kemajuan peradaban.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.