Tampang

Sekolah Pantai Indonesia Ciptakan Pelajar Cinta Laut

24 Nov 2017 06:11 wib. 2.289
0 0
Sekolah Pantai Indonesia Ciptakan Pelajar Cinta Laut

Kepala Bidang Kelautan DKPKP DKI Jakarta, Sri Wahyuni menjelaskan, manfaat metode transplantasi karang yang mempercepat regenerasi terumbu karang sehingga mampu memulihkan kembali ekosistem terumbu karang. Metode yang digunakan pada transplantasi itu adalah metode rak yang membentuk huruf SPI DKI. ”Setiap rak diisi lima puluh bibit karang yang direkatkan dengan substrat semen,” kata Sri. 

Karang juga sebagai sumber ekonomi, ekosistem terumbu karang menghasilkan ikan karang, udang, teripang, dan kerang mutiara serta memberi tempat hidup yang nyaman bagi organisme bawah laut lain. Adanya degradasi lingkungan telah berdampak pada keanekaragaman hayati laut. ”Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta sejak usia dini terhadap ekosistem laut, kami mengajak pelajar untuk memulihkan ekosistem terumbu karang melalui transplantasi karang,” ujar Cinde, tenaga pendamping Sekolah Pantai Indonesia di Jakarta. 

Pada kesempatan lain Kepala Sekolah SMKN 61 Pulau Tidung Bakri Akkas mengatakan lewat komitmen  diharapkan ekosistem terumbu karang yang mempunyai punya peran penting, baik dari segi estetika, ekologi, maupun ekonomi, bisa pulih kembali. ”Peran Anak Anak SMA ini sangat penting  dalam menjaga laut. Mereka yang menjadi Garda terdepan. Kami berharap program ini tidak terputus bisa berkesinambungan,” kata Kepala Sekolah SMKN 61 Pulau Tidung Bakri Akkas. 

Dia mengatakan ke depan SMKN 61 ditargetkan menjadi sekolah rujukan dalam mencetak generasi yang siap pakai di bidang kelautan perikanan dan pariwisata. ”Sesuai dengan potensi alam di Pulau Seribu ini, kami berkomitmen menciptakan Sumber daya manusia yang handal dibidangnya,” tambah pria yang baru menjadi kepala sekola di SMKN 61 per Januari 2017.  

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?