Tampang

Indonesia Alami Deforestasi 257.384 Hektar Pada 2023

23 Mar 2024 21:32 wib. 100
0 0
Indonesia Alami Deforestasi 257.384 Hektar Pada 2023
Sumber foto: Google

Indonesia, sebagai salah satu negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, telah mengalami deforestasi yang signifikan pada tahun 2023. Deforestasi ini terjadi dalam skala yang besar, dengan 257.384 hektar lahan hutan yang telah hilang di berbagai wilayah di Indonesia, ironisnya deforestasi itu dominan terjadi dalam kawasan hutan negara.

Deforestasi, atau penggundulan hutan, merupakan masalah serius yang mengancam keberlangsungan lingkungan hidup di Indonesia. Hal ini tidak hanya berdampak pada ekosistem hutan dan keanekaragaman hayati, tetapi juga berdampak negatif pada ketersediaan air, iklim, serta kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan yang bergantung pada hutan sebagai sumber kehidupan mereka.

Lahan hutan di Indonesia terus mengalami tekanan yang meningkat akibat dari berbagai faktor, termasuk pertanian, pertambangan, pembukaan lahan untuk perkebunan, pembalakan liar, dan eksploitasi hutan yang tidak berkelanjutan. Selain itu, urbanisasi juga menjadi faktor penting yang ikut mempercepat deforestasi di Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya untuk mengatasi deforestasi melalui berbagai kebijakan dan program perlindungan hutan. Namun, masih terdapat tantangan yang harus dihadapi dalam upaya konservasi sumber daya alam Indonesia, terutama mengingat pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan akan lahan untuk pengembangan industri dan infrastruktur.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?