Tampang

Pengertian Kasta: Sistem Kasta dalam Masyarakat

19 Jun 2024 18:48 wib. 204
0 0
Pengertian Kasta
Sumber foto: Google

Pengertian Kasta

Kasta adalah sistem sosial yang mengelompokkan masyarakat berdasarkan kriteria-kriteria tertentu seperti keturunan, pekerjaan, status sosial, dan hak-hak yang dimiliki. Ini adalah bentuk struktur sosial yang telah ada selama ribuan tahun dan masih ada di beberapa negara hingga saat ini.

Sistem kasta pertama kali dikenal di India, tetapi kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia, seperti di Nepal, Sri Lanka, Indonesia, dan Jepang. Sistem kasta membatasi gerak sosial individu, serta memberikan akses yang berbeda terhadap kesempatan, sumber daya, dan hak-hak.

Kasta tidak hanya mempengaruhi status sosial seseorang, tetapi juga mempengaruhi perkawinan, pekerjaan, dan hak-hak politik. Setiap kasta memiliki urutan hierarki sendiri yang menentukan posisi dan kekuasaan dalam masyarakat.

Penjelasan tentang Sistem Kasta
Sistem kasta di India dibagi menjadi empat kelas utama, yaitu Brahmana (pendeta), Ksatria (prajurit/noble), Waisya (pedagang/petani), dan Sudra (pekerja kasar). Di luar keempat kasta tersebut, ada juga kelompok yang disebut dengan kasta "paling rendah" atau disebut sebagai kasta "tidak terikat" yang dalam kategori ini termasuk cakraman, paria, dalit, dan sebagainya. Kasta "paling rendah" ini mengalami diskriminasi yang meluas dan sering kali terpinggirkan dari masyarakat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.