Tampang

Pengertian Kasta: Sistem Kasta dalam Masyarakat

19 Jun 2024 18:48 wib. 206
0 0
Pengertian Kasta
Sumber foto: Google

Di Indonesia, sistem kasta juga dikenal dengan istilah "jati". Meskipun tidak sekompleks di India, namun sistem ini juga membagi masyarakat Indonesia menjadi beberapa kelompok berdasarkan pekerjaan atau profesinya. Pada masa lalu, masyarakat Hindu-Buddha di Indonesia membagi masyarakatnya menjadi beberapa golongan seperti Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Walaupun sistem ini telah berkurang secara signifikan sejak masuknya agama Islam dan kemudian agama Kristen ke Indonesia, namun beberapa jejak dari sistem kasta ini masih ada hingga saat ini.

Masih ada kontroversi terkait sistem kasta, karena sistem ini bisa memicu ketidaksetaraan, diskriminasi, dan konflik sosial. Namun, di beberapa kasus, sistem kasta juga dianggap sebagai cara untuk menjaga struktur sosial dan nilai-nilai tradisional.

Dalam masyarakat modern, sebagian besar negara yang memiliki sistem kasta telah mencoba untuk mengurangi atau menghapus pembatasan yang terkait dengan kasta. Namun, perubahan ini seringkali memerlukan waktu yang lama dan bertahan hingga generasi-generasi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.