Tampang

KTT NATO Kecam Ekspor Senjata Korea Utara ke Rusia

14 Jul 2024 09:54 wib. 149
0 0
KTT NATO Kecam Ekspor Senjata Korea Utara ke Rusia
Sumber foto: google

Korea Utara mengutuk deklarasi pertemuan puncak NATO yang baru-baru ini mengutuk ekspor senjata Pyongyang ke Rusia. Mereka menyebut dokumen tersebut "ilegal", berdasarkan laporan media pemerintah pada Sabtu (13/7).

Menurut Kantor Berita Pusat Korea Pyongyang, Kementerian Luar Negeri Korea Utara sangat mengecam dan menolak deklarasi NATO. Mereka mengatakan deklarasi tersebut "menghasut Perang Dingin baru dan konfrontasi militer dalam skala global", serta membutuhkan "kekuatan dan cara perlawanan baru".

Deklarasi NATO itu disampaikan setelah para pemimpin NATO mengecam Korea Utara karena memicu perang agresi Rusia terhadap Ukraina, dengan memberikan dukungan militer langsung kepada Moskow. Mereka juga menyuarakan keprihatinan atas dukungan industri China kepada Rusia.

Dalam konteks ini, Korea Selatan dan Amerika Serikat juga menandatangani pedoman mengenai sistem pencegahan terpadu di Semenanjung Korea untuk menghadapi ancaman nuklir dan militer Korea Utara.

Hubungan antara kedua Korea berada pada titik terendah dalam beberapa tahun terakhir. Pyongyang meningkatkan uji coba senjata seiring semakin dekatnya hubungan dengan Rusia. Tindakan Korea Selatan menangguhkan sepenuhnya kesepakatan militer sebagai respons atas pengiriman balon pembawa sampah oleh Korea Utara merupakan salah satu contoh dari ketegangan yang terus meningkat di wilayah tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cara Mengatasi Anak Takut Gelap
0 Suka, 0 Komentar, 13 Jun 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.