Tampang

Otitis: Penyakit Telinga Yang Perlu Diwaspadai

24 Jun 2024 18:36 wib. 56
0 0
Pengertian Otitis
Sumber foto: Google

Otitis adalah istilah medis yang digunakan untuk menyebut inflamasi pada telinga. Kondisi ini dapat terjadi di bagian telinga luar (otitis eksterna), telinga tengah (otitis media), maupun telinga dalam (otitis interna). Kondisi ini biasanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus, namun juga dapat disebabkan oleh alergi atau iritasi. Otitis dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak-anak.

Otitis eksterna adalah kondisi inflamasi pada bagian luar telinga, terkadang disebut juga sebagai swimmer's ear. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Otitis eksterna dapat terjadi akibat terlalu sering membersihkan telinga dengan cotton bud atau penggunaan earphone atau earbud yang tidak higienis. Gejalanya antara lain rasa gatal, nyeri, bengkak, serta keluarnya cairan dari telinga.

Sementara itu, otitis media adalah kondisi inflamasi yang terjadi pada telinga tengah, di mana terdapat saluran yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan tenggorokan (Eustachian tube). Otitis media dapat terjadi akibat infeksi bakteri atau virus, serta dapat disebabkan oleh alergi. Gejala umumnya adalah nyeri pada telinga, gangguan pendengaran, serta terkadang disertai demam. Kondisi ini seringkali dialami oleh anak-anak, terutama yang masih berusia di bawah 5 tahun.

Sementara otitis interna adalah kondisi inflamasi yang terjadi pada bagian dalam telinga, khususnya di daerah labirin. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh infeksi virus, seperti virus herpes atau virus cacar air. Gejala otitis interna antara lain pusing hebat, mual, muntah, serta gangguan pendengaran. Kondisi ini seringkali memerlukan penanganan medis yang lebih intensif.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ini Situs Top Up Diamonds Termurah Dan Legal
0 Suka, 0 Komentar, 4 Mar 2022

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%