Tampang

Niat Lanjutkan Studi ke Filipina, Ratusan Calon Mahasiswa S3 Malah Kena Tipu Puluhan Juta Rupiah

21 Apr 2024 08:49 wib. 40
0 0
Niat Lanjutkan Studi ke Filipina, Ratusan Calon Mahasiswa S3 Malah Kena Tipu Puluhan Juta Rupiah
Sumber foto: Google

Sebanyak 207 orang menjadi korban penipuan dalam program beasiswa doktoral S3 di Filipina yang dilakukan oleh pelaku berinisial BTC. Kasus ini mengundang keprihatinan luas, mengingat pentingnya pendidikan dalam memajukan bangsa. Para korban yang seharusnya melanjutkan studi di Filipina telah kehilangan puluhan juta rupiah dalam upaya mencapai cita-cita akademis mereka. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, modus operandi pelaku adalah dengan menjalankan sebuah iklan program beasiswa kampus Philippine Women University (PWU) di media sosial. Iklan tersebut menjanjikan beasiswa doktoral S3 di berbagai bidang studi dengan potongan biaya yang sangat menggiurkan. Para korban awalnya terpedaya oleh janji manis tersebut dan dengan tulus ikhlas membayar sejumlah uang sebagai syarat pendaftaran, namun akhirnya mereka mengetahui bahwa program beasiswa yang diiklankan tersebut tidak benar adanya.

Mengutip pernyataan dari salah satu korban yang enggan disebutkan namanya, "Saya begitu antusias dengan iklan tersebut karena bisa mewujudkan cita-cita saya untuk melanjutkan studi S3 di luar negeri. Namun, setelah melakukan transfer sejumlah uang yang diminta, saya mulai merasa curiga karena tidak ada konfirmasi resmi dari pihak universitas yang bersangkutan."

Kejadian ini tentu menjadi pukulan berat bagi calon mahasiswa S3 yang memiliki niat baik untuk meningkatkan kualitas diri mereka melalui pendidikan lanjutan di luar negeri. Perlindungan terhadap calon mahasiswa dan pentingnya keabsahan program beasiswa harus menjadi perhatian semua pihak terkait. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan kroscek terhadap keaslian program beasiswa yang ditawarkan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ini Cara Membuat Puding Cokelat
0 Suka, 0 Komentar, 31 Jan 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?