Tampang

WHO Konfirmasi Kematian Pertama Manusia Akibat Flu Burung Tipe H5N2

7 Jun 2024 17:38 wib. 49
0 0
WHO Konfirmasi Kematian Pertama Manusia Akibat Flu Burung Tipe H5N2
Sumber foto: iStock

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan kematian seorang warga negara Meksiko berusia 59 tahun akibat influenza burung subtipe A (H5N2), menandai infeksi manusia pertama yang dikonfirmasi dari subtipe ini secara global.

Pasien tersebut tidak memiliki riwayat kontak dengan hewan ternak, yang memunculkan kekhawatiran lebih lanjut. Dia menunjukkan gejala seperti demam, sesak napas, diare, mual, dan ketidaknyamanan umum, serta memiliki kondisi medis yang mendasarinya termasuk penyakit ginjal kronis dan diabetes tipe 2.

Kementerian Kesehatan Meksiko menyatakan bahwa sumber penularan belum diidentifikasi. Para ilmuwan khawatir bahwa virus tersebut mungkin sedang beradaptasi dan menyebar dengan lebih mudah ke manusia, karena kasus H5N1 pada manusia juga telah dilaporkan di Amerika Serikat.

WHO telah mengidentifikasi adanya risiko pandemi potensial akibat virus flu burung H5N2 ini, dan mengingatkan negara-negara anggotanya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman tersebut. Selain itu, organisasi ini mendesak negara-negara tersebut untuk meningkatkan sistem deteksi dini, diagnosis, perawatan, dan pelacakan kontak.

<123>