Tampang

Trik Jitu Memotivasi Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

10 Mei 2024 08:34 wib. 114
0 0
Ilustrasi guru memotivasi siswa
Sumber foto: Pinterest

Pembelajaran yang efektif memerlukan lebih dari sekadar pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan diterima oleh siswa. Salah satu faktor kunci dalam keberhasilan belajar siswa adalah motivasi. Motivasi yang kuat akan mendorong siswa untuk belajar dengan tekun dan mencapai prestasi yang tinggi. Sebagai pendidik, penting untuk memahami bagaimana memotivasi siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajar mereka. 

Penguatan Motivasi Intrinsik
Penguatan motivasi intrinsik merupakan salah satu strategi yang efektif dalam memotivasi siswa. Motivasi intrinsik merujuk pada motivasi yang berasal dari dalam diri siswa. Siswa yang memiliki motivasi intrinsik yang kuat cenderung lebih antusias dalam pembelajaran dan memiliki dorongan untuk mencari pemahaman yang mendalam atas materi yang dipelajari. Untuk memperkuat motivasi intrinsik, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa untuk merasa memiliki kontrol atas pembelajaran mereka, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi minat mereka sendiri, dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Pengakuan Prestasi
Memberikan pengakuan terhadap prestasi siswa adalah langkah penting dalam memotivasi mereka. Siswa perlu merasa diakui atas usaha dan pencapaian mereka dalam pembelajaran. Guru dapat memberikan pujian secara terbuka, memberikan penghargaan atas pencapaian tertentu, atau menyediakan kesempatan bagi siswa untuk memamerkan karya-karya mereka. Dengan memberikan pengakuan atas prestasi siswa, mereka akan merasa dihargai dan termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja belajar mereka.

Pembelajaran Berbasis Kepentingan Siswa
Pembelajaran yang berpusat pada kepentingan siswa juga menjadi kunci dalam memotivasi siswa. Ketika siswa melihat relevansi dan nilai dari apa yang mereka pelajari, mereka cenderung lebih termotivasi untuk belajar. Guru dapat menciptakan pembelajaran yang memperhatikan minat dan kebutuhan siswa, mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata atau masalah yang mereka hadapi, serta memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi topik yang mereka anggap menarik. Melalui pendekatan ini, siswa akan merasa lebih terlibat dalam pembelajaran dan memiliki motivasi yang lebih besar untuk mencapai prestasi yang tinggi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%