Tampang

Gak Sadar! RI Sudah Dijajah China, Ini Buktinya

16 Sep 2024 07:41 wib. 48
0 0
Gak Sadar! RI Sudah Dijajah China, Ini Buktinya
Sumber foto: iStock

Sebuah laporan yang baru-baru ini dirilis oleh KPMG mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa tren masyarakat yang menggunakan produk asal China merupakan bukti konkret bahwa Negeri Tirai Bambu ini semakin menjajah Indonesia. Laporan tersebut menyoroti adanya pengaruh kuat dari industri social commerce China, khususnya melalui platform TikTok, yang mampu mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan belanja masyarakat Indonesia.

Dilansir dari survei yang dilakukan oleh KPMG terhadap tujuh ribu konsumen Generasi Z (usia 18-24 tahun) di 14 negara, termasuk Indonesia, Singapura, dan China, diketahui bahwa sebagian besar dari mereka, sekitar 63 persen, melakukan belanja melalui social commerce. Lebih dari setengah responden (57 persen) menggunakan fitur livestreaming yang tersedia di platform e-commerce, menunjukkan bahwa pengaruh teknologi dan media sosial buatan China semakin merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, TikTok, platform yang berasal dari China, menjadi salah satu tempat favorit para Generasi Z untuk berbelanja. Menurut laporan CNBC Internasional, remaja dari Indonesia, China, Vietnam, dan Filipina aktif berbelanja melalui Tiktok Shop, menandakan bahwa penetrasi produk-produk China semakin dalam di masyarakat Indonesia.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?