Tampang

Feodal: Pengertian dan Penjelasan

12 Jul 2024 09:05 wib. 137
0 0
Pengertian Feodal
Sumber foto: Google

Feodal merupakan salah satu istilah yang sering kita dengar namun mungkin tidak semua orang mengetahui secara pasti tentang pengertiannya. Istilah feodal memiliki hubungan erat dengan sistem pemerintahan dan struktur sosial pada masa lalu. Mari kita bahas mengenai pengertian dan penjelasan lebih lanjut mengenai feodal dalam artikel ini.

Pengertian Feodal
Feodal berasal dari kata feodalisme yang berasal dari bahasa Inggris "feudalism" dan bahasa Perancis "féodalisme". Feodalisme merupakan sebuah sistem sosial, ekonomi, dan politik yang berkembang di Eropa pada Abad Pertengahan. Sistem feodalisme didasarkan pada hubungan antara penguasa yang disebut sebagai bangsawan, dengan para petani atau rakyat jelata. Di dalam sistem feodal, tanah merupakan faktor yang sangat penting karena segala kekayaan, kekuasaan dan kehidupan mereka bergantung padanya.

Penjelasan Feodal
Dalam sistem feodal, para bangsawan atau penguasa feodal memiliki kedaulatan atas tanah dan memberikan hak untuk mengelolanya kepada para petani atau rakyat jelata. Mereka memberikan hak menggunakan dan memanfaatkan tanah tersebut dalam bentuk pemilikan tanah atau sewa. Para petani atau rakyat jelata memberikan pengabdian kepada penguasa feodal dalam bentuk pelayanan atau pajak untuk memperoleh hak tersebut. Selain itu, penguasa feodal juga memberikan perlindungan dan keamanan kepada para petani atau rakyat jelata dari serangan musuh.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

14 Manfaat Coklat Bagi Kesehatan
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mar 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?