Tampang

Keutamaan Hari Jumat: Berkah dan Keberkahan dalam Beribadah

28 Jun 2024 18:52 wib. 27
0 0
Hari Jumat
Sumber foto: Google

Hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan yang tidak dimiliki oleh hari-hari lain dalam seminggu. Dalam ajaran agama Islam, hari Jumat memiliki tempat yang istimewa karena terdapat banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Keutamaan hari Jumat bukan hanya sekedar mitos, namun telah didukung dengan dalil-dalil Al-Qur'an dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW.

Salah satu keutamaan hari Jumat yang paling utama adalah pelaksanaan shalat Jumat. Shalat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh dan memiliki akal sehat. Dalil yang menjelaskan keutamaan shalat Jumat terdapat dalam Surah Al-Jumu'ah ayat 9 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui." 

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu, Adam diciptakan dan pada hari itu pula ia dimasukkan ke dalam surga. Pada hari itu, ia pula dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat terjadi pada hari Jumat." (HR. Muslim).

Tidak hanya dalam hal ibadah, hari Jumat juga memiliki keistimewaan dalam hal rezeki. Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hari Jumat memiliki waktu yang sangat baik di dalamnya. Tidak ada seorang muslim pun yang berdiri untuk mengerjakan shalat pada hari Jumat kecuali Allah akan mencatat baginya pahala sebesar 1 tahun puasa, dan pahala sebesar 1 tahun shalat." (HR. Al-Hakim dan Ibnu Majah).

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%