Tampang

Defibrilator: Pengertian dan Fungsi dalam Penyelamatan Hidup

23 Jun 2024 18:44 wib. 146
0 0
Pengertian Defibrilator
Sumber foto: Google

Defibrilator merupakan alat medis yang digunakan untuk mengembalikan detak jantung yang tidak normal dengan memberikan aliran listrik ke jantung. Alat ini digunakan dalam situasi kegawatdaruratan ketika seseorang mengalami serangan jantung atau detak jantung tidak teratur. Penggunaan defibrilator merupakan salah satu langkah penting dalam proses resusitasi jantung yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan fungsi defibrilator dalam penyelamatan hidup.

Defibrilator bekerja dengan cara mengembalikan detak jantung yang tidak normal ke dalam irama yang normal. Detak jantung yang tidak normal, seperti detak jantung yang terlalu cepat atau tidak teratur, dapat mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh dan mengakibatkan berhentinya fungsi jantung. Dengan memberikan aliran listrik ke jantung melalui defibrilator, detak jantung dapat dikembalikan ke dalam irama yang normal, yang memungkinkan aliran darah yang baik ke seluruh tubuh.

Defibrilator bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di rumah sakit, mobil ambulans, pusat kebugaran, dan bahkan di tempat umum seperti bandara atau pusat perbelanjaan. Hal ini bertujuan agar defibrilator dapat segera digunakan ketika ada keadaan darurat yang memerlukan penanganan cepat terhadap serangan jantung.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.