Tampang

Borjuis: Pengertian dan Penjelasan Tentang Kelompok Sosial ini

16 Jul 2024 16:06 wib. 116
0 0
Pengertian Borjuis
Sumber foto: Google

Borjuis merupakan kata yang sering kita dengar dalam konteks sosial, ekonomi, dan politik. Kata ini memiliki makna dan konotasi yang beragam, tergantung dari sudut pandang dan konteks penggunaannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dan penjelasan tentang borjuis secara lebih rinci.

Pengertian Borjuis

Borjuis merupakan istilah yang berasal dari bahasa Prancis, bourgeoisie. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kelompok sosial yang memiliki kekuatan ekonomi yang kuat, umumnya terdiri dari kaum kapitalis yang memiliki kepemilikan modal dan sumber daya produksi. Kelompok borjuis ini biasanya terletak di puncak piramida sosial yang memiliki kontrol atas kekuasaan politik dan ekonomi.

Penjelasan Tentang Borjuis

Dalam masyarakat kapitalis, borjuis merupakan kelas sosial yang memiliki kekuatan ekonomi yang dominan. Mereka memiliki akses yang lebih mudah terhadap pendidikan, perumahan yang layak, serta berbagai fasilitas dan hak istimewa lainnya. Kelompok borjuis ini juga seringkali memiliki kontrol atas media massa dan perusahaan besar, sehingga mereka mampu mempengaruhi opini dan arah kebijakan publik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kentut Bau? Ini Penyebabnya
0 Suka, 0 Komentar, 19 Apr 2018
UGM Akan Bangun Pabrik Coklat di Batang
0 Suka, 0 Komentar, 10 Agu 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?