Tampang

Antihistamin: Pengertian dan Penjelasan

25 Jun 2024 21:59 wib. 226
0 0
Pengertian Antihistamin
Sumber foto: Google

Antihistamin adalah obat yang digunakan untuk mengurangi atau mencegah reaksi alergi dengan mengurangi produksi histamin dalam tubuh. Histamin sendiri adalah zat kimia yang dilepaskan oleh sel-sel tubuh sebagai respons terhadap alergen, seperti debu, bulu binatang, atau polen. Reaksi alergi seperti gatal-gatal, bersin, hidung meler, dan mata berair dapat diatasi dengan penggunaan antihistamin.

Pengertian Antihistamin
Antihistamin bekerja dengan menghalangi reseptor histamin dalam tubuh. Ketika tubuh terpapar dengan alergen, sel-sel tubuh melepaskan histamin sebagai respons. Histamin ini kemudian menimbulkan reaksi alergi, seperti peradangan, pembengkakan, dan gejala alergi lainnya. Antihistamin bekerja dengan menghambat reseptor histamin sehingga histamin tidak dapat berikatan dan menimbulkan reaksi alergi.

Jenis-Jenis Antihistamin
Terdapat dua jenis antihistamin, yaitu antihistamin generasi pertama dan generasi kedua. Antihistamin generasi pertama, seperti klorfeniramin dan difenhidramin, cenderung menyebabkan efek samping seperti mengantuk dan penurunan kemampuan kognitif. Sedangkan antihistamin generasi kedua, seperti cetirizine dan loratadine, cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit dan tidak menyebabkan kantuk.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Beban Berat di Bahu Ibu Tunggal
0 Suka, 0 Komentar, 21 Apr 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.