Tampang

Belajar Menghadapi Masalah dari Buku I Had Trouble in Getting to Solla Sollew...

11 Jun 2018 14:52 wib. 1.846
0 0
Belajar Menghadapi Masalah dari Buku I Had Trouble in Getting to Solla Sollew...

Beberapa waktu lalu, aku membaca buku dari dr. Seuss (lagi) dan ... lagi-lagi setelah selesai membaca bukunya, terasa seperti keluar dari ruang sebuah seminar motivasi. Buku-buku karya dr. Seuss ini seakan menjawab berbagai dinamika kehidupan yang hadir dalam berbagai rasanya. Buku yang kubaca beberapa waktu lalu berjudul, I Had Trouble in Getting to Solla Sollew. Judul yang unik bukan? Judul dari buku-buku dr. Seuss memang sering mengundang kepenasaranan dari pembacanya.

Nah, mengapa setelah membaca buku ini aku merasa seperti selepas mengikuti seminar motivasi? Buku ini memberi pembacanya makna tersirat dari halaman ke halamannya. Cerita kali ini diawali dari adanya seorang tokoh yang menceritakan bahwa selama ini hidupnya sangat membahagiakan di sebuah tempat yang bernama Valley of Vung. Semua berjalan dengan semestinya dan selalu baik-baik saja....sampai ada kejadian di mana (mungkin) dia kurang berhati-hati dan menyebabkan berbagai peristiwa terjadi. Dia kaget karena terantuk batu, terjatuh, hingga terpental dan menyebabkan tulang ekornya sangat sakit. Karena kejadian itu, ia kemudian sangat berhati-hati terhadap batu, ia tak ingin lagi kejadian itu terulang. Dalam kehati-hatiannya, ternyata ada peristiwa lagi, ada sesuatu yang menggigitnya dari belakang! Dia pun lebih berhati-hati lagi dan berpikir bahwa bahaya bisa datang dari depan (batu) dan juga dari belakang (dari sesuatu yang menggigitnya). Lagi-lagi, dalam kehati-hatiannya, ternyata ada yang menyerangnya dari atas!

Dalam kerepotannya melawan bahaya dari depan, belakang, dan atas, muncullah seseorang yang mengajaknya untuk lepas dari segala masalah itu. Kemudian, tokoh tersebut mengajaknya untuk pergi ke sebuah tempat yang bernama Solla Sollew. Menurutnya di Solla Sollew, tidak pernah ada masalah. Kalaupun ada, hanya sedikit! Tanpa banyak berpikir, akhirnya tokoh yang sedang menghadapi masalah dari berbagai arah tersebut mau ikut ke Solla Sollew. Mereka ke sana mengendarai unta. Ternyata di perjalanan unta tersebut sakit. Untuk membawanya ke dokter hewan, ia pun dengan terpaksa yang mendorong kereta mereka. Ia merasa kepayahan, tapi tak ada yang bisa dilakukannya.

Setelah menemukan dokter hewan, ada berbagai masalah lagi yang mau tidak mau harus ia hadapi. ada juga kejadian genting! Di saat genting tersebut, ia menemukan pipa dan memutuskan untuk masuk ke sana. Ternyata pipa itu mengerah menuju ke satu tempat. Hanya saja ia harus melelui perjalanan selama 3 hari dalam pipa tersebut. tapi tanpa di sangka-sangka ia menemukan jalan keluar. Ternyata jalan keluar tersebut menuju ke Solla Sollew. Ia sangat bersuka cita tiba di sana. Dijumpainya seorang penjaga pintu. Penjaga pintu tersebut memberitahu bahwa Solla Sollew ada di balik pintu yang ia jaga. Ia memiliki kuncinya. Namun yang menjadi masalah adalah di lubang kunci ada seorang yang akan mengeluarkan kuncimu sehingga kunci tidak akan pernah bisa masuk ke lubang kuncinya. Dan....akan ada kesialan jika kita menyakiti orang yang suka mengeluarkan kunci dari lubangnya tersebut.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ketika Rencanamu Tak Berjalan Lancar...
0 Suka, 0 Komentar, 25 Des 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?