Tampang

Ada Badai Matahari Mengarah ke Bumi, 2 Wilayah Ini Wajib Waspada

5 Okt 2024 05:29 wib. 79
0 0
Ada Badai Matahari Mengarah ke Bumi, 2 Wilayah Ini Wajib Waspada
Sumber foto: iStock

Pada awal bulan Oktober 2024, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah memperingatkan akan adanya potensi gangguan dari fenomena badai Matahari yang akan terjadi. Badai ini adalah dampak dari letupan suar Matahari X9.05 yang diperkirakan akan berdampak pada gangguan di magnetosfer. Fenomena ini diprediksi akan berdampak lebih kuat daripada kejadian serupa yang terjadi tujuh tahun sebelumnya.

Menurut laporan dari Space.com, badai Matahari terkuat diperkirakan akan muncul pada 3 Oktober 2024 sekitar pukul 19.18 waktu Indonesia bagian barat. Pusat Prediksi Cuaca Antariksa (NOAA) juga sebelumnya telah merilis informasi mengenai suar R3 dengan level kekuatan yang tinggi yang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 3 Oktober 2024 pukul 13.10 UTC.

Perkiraan yang disampaikan oleh Prakirawan dari SWPC (Space Weather Prediction Center) menyebutkan bahwa badai geomagnetik kemungkinan akan terjadi dari tanggal 4 hingga 6 Oktober karena adanya sepasang lontaran massa korona yang diperkirakan akan tiba dalam tiga hari UTC ke depan. Dampak dari badai Matahari ini juga akan menimbulkan pemadaman radio gelombang pendek di wilayah Afrika dan Eropa. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.