Tampang

Ada Badai Matahari Mengarah ke Bumi, 2 Wilayah Ini Wajib Waspada

5 Okt 2024 05:29 wib. 78
0 0
Ada Badai Matahari Mengarah ke Bumi, 2 Wilayah Ini Wajib Waspada
Sumber foto: iStock

Dua benua ini akan menjadi pusat perhatian karena merupakan bagian Bumi yang disinari Matahari pada saat letusan. Ilmuwan telah mengidentifikasi partikel Matahari ini dalam kelompok bintik Matahari AR3842. Pada 1 Oktober, bintik Matahari tersebut terdeteksi melepaskan suar X7.1 yang diikuti oleh pelepasan coronal mass ejection (CME) yang menuju ke arah Bumi.

CME yang terdeteksi tersebut diperkirakan akan menghantam Bumi antara 3 hingga 5 Oktober, yang kemungkinan besar akan memicu aurora yang meluas. CME juga mengandung listrik yang dikenal sebagai ion, dan ketika bertabrakan dengan magnetosfer Bumi, ion tersebut akan memicu badai geomagnet. Dampak dari badai Matahari ini tidak hanya terbatas pada gangguan di magnetosfer, tetapi saat badai Matahari berlangsung, ion juga akan berinteraksi dengan gas yang ada di atmosfer Bumi, kemudian melepaskan energi dalam bentuk cahaya atau northern lights.

Hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi dua wilayah ini, dimana koordinasi dari pemerintah maupun lembaga terkait sangat diperlukan dalam menyikapi potensi gangguan yang ditimbulkan dari badai Matahari ini. Banyak aspek yang perlu dipersiapkan, seperti sistem komunikasi, keamanan listrik, serta antisipasi terhadap dampak pada kesehatan dan lingkungan. Keberadaan teknologi juga perlu dijaga dan diawasi dengan ketat mengingat potensi dampak yang cukup besar dari fenomena badai Matahari ini.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Efek Samping Salah Pijat
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.