Tampang

3 Kebiasaan Belajar Mandiri yang Bisa Tingkatkan Prestasi Akademik di Era Digital

19 Sep 2024 12:12 wib. 32
0 0
belajar
Sumber foto: Google

Jika merasa sulit untuk fokus dalam waktu yang lama, coba gunakan metode Pomodoro—belajar selama 25 menit, lalu istirahat selama 5 menit. Ini akan membantumu tetap produktif tanpa merasa lelah.

2. Manfaatkan Sumber Belajar Online

Sumber belajar kini tidak hanya berasal dari buku teks atau materi yang diberikan guru. Ada banyak platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai macam kursus, video, dan latihan soal secara gratis maupun berbayar. Platform seperti Khan Academy, Coursera, dan edX menawarkan kursus dari universitas dan pakar terkemuka di berbagai bidang.

Kamu juga bisa memanfaatkan video pembelajaran di YouTube untuk memperjelas konsep yang mungkin sulit dipahami. Jangan ragu untuk mencari penjelasan dari berbagai sumber agar mendapatkan pemahaman yang lebih luas.

3. Evaluasi Diri Secara Rutin

Belajar mandiri bukan hanya soal menyerap materi, tetapi juga tentang mengevaluasi sejauh mana pemahamanmu. Setiap minggu, luangkan waktu untuk menguji dirimu sendiri dengan soal-soal atau kuis online. Jika ada konsep yang masih kurang dipahami, kamu bisa mengulangi materi tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Pijat Kepala untuk Kesehatan
0 Suka, 0 Komentar, 12 Jun 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?