Tampang

Panduan Lengkap: Latihan untuk Menambah Massa Otot dan Berat Badan

8 Jul 2024 23:26 wib. 249
0 0
Panduan Lengkap Latihan
Sumber foto: Google

Meningkatkan massa otot dan berat badan bukan hanya tentang menambah kalori dalam diet, tetapi juga melibatkan latihan yang tepat untuk memastikan bahwa berat yang bertambah adalah massa otot yang sehat. Latihan yang terfokus pada peningkatan massa otot akan membantu Anda mendapatkan tubuh yang kuat dan proporsional. 

 1. Mengapa Latihan Penting untuk Menambah Massa Otot dan Berat Badan?

Latihan yang tepat dapat merangsang pertumbuhan otot, meningkatkan kekuatan, dan memperbaiki komposisi tubuh. Ketika Anda melakukan latihan kekuatan, serat otot Anda akan mengalami mikrotrauma yang kemudian diperbaiki oleh tubuh dengan menambah lebih banyak serat otot. Proses ini meningkatkan massa otot dan, seiring dengan nutrisi yang cukup, membantu menambah berat badan secara sehat.

 2. Jenis Latihan yang Efektif

Untuk menambah massa otot, fokuslah pada latihan yang melibatkan beberapa kelompok otot besar dan memberikan rangsangan maksimal untuk pertumbuhan otot.

 Latihan Beban Bebas (Free Weights): Latihan ini menggunakan barbel atau dumbel yang memberikan beban langsung pada otot.
 Latihan Tubuh Sendiri (Bodyweight Exercises): Pushup, pullup, dan squat adalah contoh latihan tubuh sendiri yang efektif menggunakan berat badan Anda sebagai resistensi.
 Latihan Mesin (Machine Exercises): Mesin seperti leg press dan lat pulldown membantu melatih otot dengan aman dan terkontrol.

 3. Contoh Program Latihan

Berikut adalah contoh program latihan yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan massa otot dan berat badan. Lakukan latihan ini tiga hingga empat kali seminggu dengan waktu istirahat satu hari antara setiap sesi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?