Tampang

Tempat Pemakaman Jemaah Haji RI yang Meninggal di Arab Saudi

24 Jun 2024 18:49 wib. 48
0 0
Tempat Pemakaman Jemaah Haji RI yang Meninggal di Arab Saudi
Sumber foto: Unsplash

Seperti dilansir oleh CNN Indonesia, jemaah yang meninggal dunia saat melakukan ibadah haji tidak boleh dikembalikan ke negaranya. Hal ini dikarenakan pemerintah Arab Saudi khawatir akan kondisi tubuh jenazah selama di perjalanan. Maka, bagi jemaah yang memilih untuk dimakamkan di Tanah Suci, mereka akan dikebumikan di berbagai pemakaman, salah satunya adalah Jannat al-Baqi.

Jannat al-Baqi merupakan pemakaman bagi kerabat dan sahabat Nabi yang terletak di Madinah. Pemakaman ini telah menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak tokoh penting dalam sejarah Islam, seperti Utsman bin Madhoon, seorang sahabat nabi yang meninggal pada 3 Sya'ban tahun ke tiga Hijriah. Ia dikebumikan di tempat mulia Jannat al-Baqi.

Selain Utsman bin Madhoon, Jannat al-Baqi juga menjadi pemakaman untuk beberapa Imam dan kerabat nabi lainnya, seperti Imam Hasan dan Imam Ali. Al Baqi memiliki arti sebagai taman pohon, karena tempat ini dipenuhi oleh pepohonan rindang. Sejak zaman Kenabian, pemakaman ini telah dianggap sebagai wilayah sakral bagi umat Muslim.

Pembangunan Al Baqi sebagai wilayah pemakaman sakral dimulai sejak zaman Kenabian. Walaupun sempat mengalami kerusakan dan terbengkalai pada masa Wahabi, namun Kerajaan Arab Saudi telah melakukan renovasi secara berkala guna mempertahankan kesucian tempat ini. Al Baqi menjadi tempat penting sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi jemaah haji yang meninggal dunia saat melakukan ibadah.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Siapa Wanita Pertama Yang Masuk Surga
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jul 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%