Tampang

Tamu VIP Upacara HUT RI di IKN: Cuma Boleh Naik Kendaraan Listrik

18 Jun 2024 09:31 wib. 35
0 0
Tamu VIP Upacara HUT RI di IKN: Cuma Boleh Naik Kendaraan Listrik
Sumber foto: google

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan tamu-tamu VIP yang diundang untuk mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024, cuma boleh naik kendaraan listrik atau electric vecile (EV) saja."Untuk tamu-tamu VIP dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN, kita haruskan menggunakan mobil listrik atau electric vehicle (EV). Kita nanti akan lakukan simulasi apakah setiap duta besar negara-negara sahabat diberikan satu mobil listrik, atau apakah menggunakan bus listrik ini merupakan domain dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg)," kata Budi Karya Sumadi dilansir Antara pada Minggu, 16 Juni 2024.

Namun, Budi Karya belum mengetahui lebih detail terkait penyediaan kendaraan listrik untuk para tamu VIP tersebut. Sebab, kata dia, hal itu merupakan domain Sekretariat Negara (Setneg). Tapi yang pasti, Budi Karya mengatakan angkutan darat di IKN ini terbagi menjadi beberapa fungsi. Pertama adalah fungsi dari luar, terutama dari Balikpapan ke IKN. "Kita memiliki fasilitas ride and park dan dari situ kita keliling dengan menggunakan bus atau mobil yang disediakan atau dimiliki oleh para operator swasta untuk menuju tempat-tempat akhir," ujarnya.

Menurut dia, IKN sendiri menyediakan bus-bus listrik yang memiliki rute mengelilingi tempat-tempat yang strategis. "Tetapi juga untuk operator swasta ada Blue Bird, Gojek dan lainnya di mana mereka akan mengisi ruang-ruang komersil yang digunakan secara individu," jelas dia. Semua ini sejalan dengan upaya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Terkait layanan bus listrik, Budi Karya mengatakan Kementerian Perhubungan telah melakukan kajian perencanaan teknis angkutan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute trayek. 

Ketentuan yang mewajibkan tamu VIP menggunakan kendaraan listrik juga merupakan langkah nyata dalam mendukung upaya pemerintah untuk mempromosikan kendaraan ramah lingkungan. Indonesia sebagai negara dengan tingkat polusi udara yang cukup tinggi perlu bergerak cepat dalam mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Dengan mewajibkan penggunaan kendaraan listrik pada acara HUT RI, diharapkan dapat memberikan contoh nyata bagi masyarakat mengenai pentingnya teknologi ramah lingkungan. Dengan demikian, diharapkan akan mendorong peningkatan penggunaan kendaraan listrik di masyarakat umum.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Singkong
0 Suka, 0 Komentar, 19 Apr 2024
Retinol
0 Suka, 0 Komentar, 23 Apr 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%