Tampang

Sangat Mudah! Ini Cara Cek & Cetak KK Online.

7 Okt 2024 05:17 wib. 62
0 0
Sangat Mudah! Ini Cara Cek & Cetak KK Online
Sumber foto: disdukcapil.patikab.go.id

- Aplikasi Sistem Informasi Kependudukan (SIAK) akan mengirim SMS dan e-mail berisi informasi link situs Dukcapil serta file PDF.

- Pihak yang mengajukan cetak KK mandiri akan menerima PIN rahasia untuk membuka layanan cetak KK online.

- Setelah itu, KK dapat dicetak menggunakan kertas putih HVS biasa. Meskipun tidak dilengkapi dengan hologram seperti pada kertas security printing, KK yang dicetak sendiri tetap memiliki legalisasi berupa kode QR yang sah secara hukum.

Perlu diketahui bahwa KK versi terbaru tidak lagi dicetak di kertas khusus, melainkan di kertas HVS putih ukuran A4 80 gram. Tidak ada tanda tangan basah pejabat Dukcapil atau cap lembaga terkait sebagai legalisasi, namun dilengkapi dengan QR code yang dapat dipindai dan terhubung langsung dengan situs Dukcapil Kemendagri. Dokumen juga bisa dicetak sendiri dengan salinan digital yang diterima lewat email.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan proses pengecekan dan pencetakan Kartu Keluarga secara online dapat dilakukan dengan mudah dan efisien oleh masyarakat. Selain itu, penerapan teknologi dalam proses ini juga memudahkan akses bagi masyarakat yang berada di wilayah terpencil atau tidak memiliki akses langsung ke kantor instansi terkait. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pelayanan publik yang efisien dan inklusif.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.