Tampang

Pentingnya Kewaspadaan Pemerintah Sebelum Impor Beras

28 Jun 2024 18:48 wib. 49
0 0
Pentingnya Kewaspadaan Pemerintah Sebelum Impor Beras
Sumber foto: iStock

Pernyataan tersebut memberi sinyal bahwa pemerintah bersiap untuk mengimpor beras dalam jumlah besar sampai 5,17 juta ton. Namun, hal ini harus diikuti oleh kehati-hatian dalam pengambilan keputusan untuk memastikan stabilitas harga beras di pasar domestik dan internasional.

Sebagai negara agraris dengan potensi produksi beras yang besar, Indonesia perlu menjaga kualitas dan ketersediaan beras dalam negeri. Oleh karena itu, kebijakan terkait impor beras harus diambil dengan strategi yang hati-hati untuk mengantisipasi berbagai kondisi, antara lain fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, kondisi cuaca, harga beras internasional, dan potensi produksi beras dalam negeri.

Dalam hal ini, pemerintah dapat mempertimbangkan berbagai skenario dalam kegiatan impor beras, termasuk jumlah impor, asal negara pemasok, dan stabilitas harga beras internasional. Langkah-langkah preventif juga dapat diambil untuk mengurangi dampak fluktuasi harga beras internasional terhadap pasar domestik.

Pemerintah dapat bekerja sama dengan Badan Pangan Dunia (FAO) serta lembaga internasional lainnya untuk mendapatkan informasi terkait prospek produksi dan harga beras tahun ini. Kerjasama dengan negara-negara mitra dagang juga dapat mempermudah akses terhadap pasokan beras yang dibutuhkan sambil memastikan stabilitas harga.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%