Tampang

Tanda-tanda Bencana Tsunami yang Perlu Diwaspadai

6 Jul 2024 14:51 wib. 160
0 0
Tsunami

Tsunami adalah bencana alam yang bisa terjadi tiba-tiba dan sangat mematikan. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat di daerah pesisir untuk mengenali tanda-tanda awal akan terjadinya tsunami. Dengan mengenali tanda-tanda tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan bahaya tsunami dan memberikan waktu yang cukup untuk menyelamatkan diri. Berikut adalah beberapa tanda-tanda bencana tsunami yang perlu diwaspadai.

1. Gempa Bumi
Tanda pertama yang perlu menjadi peringatan adalah terjadinya gempa bumi di wilayah pesisir. Gempa bumi dapat menjadi petunjuk awal akan terjadinya tsunami. Guncangan yang kuat dan berkepanjangan merupakan tanda akan adanya potensi tsunami. Oleh karena itu, jika merasakan guncangan yang tidak biasa, segera cari tempat yang aman dan berada di ketinggian.

2. Perubahan Permukaan Laut
Perubahan permukaan laut juga dapat menjadi tanda-tanda tsunami yang harus diwaspadai. Jika mendadak melihat laut surut secara drastis dan meninggalkan ikan-ikan yang terdampar di pantai, ini bisa menjadi pertanda akan terjadinya tsunami. Sebaliknya, gelombang laut yang tiba-tiba datang dengan kecepatan tinggi dan mencapai daratan juga merupakan pertanda akan adanya tsunami.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.