Tampang

Penampakan Awan Berlubang Hebohkan Warga Jember, Ternyata Ada Bahayanya

5 Jun 2024 20:16 wib. 652
0 0
Penampakan Awan Berlubang Hebohkan Warga Jember, Ternyata Ada Bahayanya
Sumber foto: google

Fenomena awan berlubang terjadi di langit Jember Jawa Timur, Selasa (4/6/2024). Dalam video amatir warga tampak awan yang seperti berlubang itu berbentuk lonjong dan terdapat awan lagi di dalamnya. Sejumlah warga melihat fenomena awan ini sebagai salah satu keindahan. Namun ternyata awan ini disebut membahayakan bagi penerbangan. Fenomena langka ini kemudian menjadi viral di media sosial dan menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan masyarakat. Namun, siapa sangka bahwa di balik keindahan visualnya, penampakan awan berlubang ini ternyata memiliki bahaya tersendiri.

Penampakan awan berlubang, juga dikenal sebagai hole punch clouds, biasanya terjadi ketika udara di atas awan tertutup es atau kristal. Hal ini dapat menciptakan pemandangan yang spektakuler dan sulit dipercaya. Namun, kejadian ini juga merupakan pertanda adanya fenomena alam yang lebih kompleks dan berpotensi membawa dampak negatif.

Para ahli meteorologi mengungkapkan bahwa penampakan awan berlubang ini dapat menjadi indikasi dari perubahan cuaca ekstrem yang akan segera terjadi. Fenomena ini bisa menjadi pertanda akan adanya hujan es, badai petir, atau bahkan puting beliung. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika keberadaan awan berlubang ini menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian besar masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah yang terkena dampaknya.

Selain itu, terdapat bahaya lain yang terkait dengan penampakan awan berlubang, yaitu terkait dengan perubahan iklim. Dengan semakin seringnya penampakan fenomena alam tersebut, dapat diindikasikan bahwa lingkungan kita sedang mengalami perubahan yang signifikan. Berbagai faktor seperti pemanasan global dan polusi udara dipercaya memiliki kontribusi terhadap munculnya fenomena langka ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%