Tampang

PBNU Mengikuti Ketentuan Kemenag dalam Menentukan Awal Bulan Hijriah

10 Jul 2024 21:35 wib. 155
0 0
PBNU Mengikuti Ketentuan Kemenag dalam Menentukan Awal Bulan Hijriah
Sumber foto: google

Muhammadiyah telah menerapkan KHGT yang diluncurkan pada 1 Muharram 1446 Hijriah. Konsep KHGT ini mengadopsi hasil dari Muktamar Kalender Islam Global yang diadakan di Turki pada tahun 2016. Hasil dari muktamar tersebut menetapkan konsep kalender dengan prinsip satu hari satu tanggal untuk seluruh dunia. Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Maskufa menjelaskan bahwa prinsip utama dari KHGT adalah kesatuan matlak, dengan syarat imkan rukyat, yaitu ketinggian hilal minimal 5 derajat dan sudut elongasi minimal 8 derajat di belahan bumi manapun.

Dalam hal ini, penggunaan KHGT oleh Muhammadiyah menjadi salah satu variasi dalam penetapan awal bulan hijriah. Meskipun demikian, PBNU tetap akan mempertahankan kriteria yang telah ditetapkan oleh Kemenag sebagai otoritas negara dalam menentukan penanggalan hijriah.

Dari pandangan Ulil, pemakaian kriteria Kemenag yang telah berjalan baik selama ini adalah bagian dari penjagaan tradisi yang baik dalam penentuan awal bulan hijriah. Hal ini menjadi sesuatu yang perlu dipertahankan dalam Islam sebagai bagian dari pengekangan tradisi yang telah berjalan selama bertahun-tahun.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.