Tampang

Paket Mainan Megatron Milik Youtuber Rusak, Bea Cukai Beri Klarifikasi

2 Mei 2024 10:40 wib. 46
0 0
Paket Mainan Megatron

Pada Senin (29/4/2024), Youtuber Medy Renaldy mengeluhkan kondisi mainan Megatron yang diterimanya dari luar negeri. Barang kiriman tersebut diduga mengalami beberapa kerusakan. Dalam konteks ini, pihak Bea dan Cukai ikut memberikan klarifikasi terkait keluhan yang disampaikan oleh Medy Renaldy.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah membuka paket kiriman dari luar negeri yang dikirim melalui Perusahaan Jasa Titipan (PJT). Untuk proses pengecekan isi barang kiriman, Bea Cukai akan melibatkan petugas PJT untuk membuka paket tersebut. Menurutnya, pemeriksaan isi barang kiriman sudah dilakukan sesuai standar operasional (SOP) yang berlaku di seluruh wilayah kerja Bea Cukai.

Lebih lanjut, dalam kasus barang kiriman yang terindikasi mencurigakan, petugas Bea Cukai akan mengecek dokumen pengiriman barang dan meminta petugas PJT untuk membuka paket tersebut. Hal ini dilakukan agar petugas Bea Cukai di lokasi dapat memastikan isi dan nilai barang serta mengecek kesesuaiannya dengan dokumen pengiriman.

Pada pernyataannya, Askolani juga menjelaskan mengenai penahanan paket berisikan mainan Megatron auto transform sebelumnya. Bea Cukai melakukan koordinasi dengan PJT DHL serta pihak lain untuk menetapkan nilai barang tersebut sekitar US$800. Proses penegakan nilai kepabean ini dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cara Penanganan Mimisan
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?