Tampang

Jokowi Memeringatkan Dunia Akan Mengalami Neraka Iklim, Bisa Sebabkan Kelaparan Dan Kekeringan

15 Jun 2024 18:23 wib. 47
0 0
Jokowi Memeringatkan Dunia Akan Mengalami Neraka Iklim, Bisa Sebabkan Kelaparan Dan Kekeringan
Sumber foto: iStock

Presiden Jokowi dalam sebuah acara Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 di Istana Negara Jakarta pada Jumat, 14 Juni 2024, menyatakan bahwa dunia akan menghadapi neraka iklim dalam lima tahun ke depan, dengan suhu mencapai rekor tertinggi. Peringatan ini juga merupakan respons terhadap pernyataan Sekjen PBB mengenai ancaman perubahan iklim yang semakin nyata dan tak terhindarkan.

Jokowi menyoroti kondisi gelombang panas yang terjadi baru-baru ini, yang menjadi bukti akan dampak dari perubahan iklim. Dia menyebutkan, "Di India, suhu mencapai 50 derajat Celcius, sedangkan di Myanmar mencapai 45,8 derajat Celcius. Hal ini sangat mengkhawatirkan dan menjadi indikasi nyata bahwa perubahan iklim sudah sangat terasa." Presiden juga memperingatkan bahwa dampak dari panas ekstrem ini akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan pangan di seluruh dunia.

Menyusul pernyataan tersebut, Jokowi menegaskan bahwa Organisasi Pangan Dunia (FAO) telah memberikan peringatan mengenai kemungkinan terjadinya kelaparan global akibat kondisi panas ekstrem yang semakin meluas. "FAO menunjukkan bahwa jika hal ini tidak ditangani dengan serius, hingga tahun 2050, dunia berpotensi mengalami kelaparan yang sangat serius," ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden menjelaskan bahwa dampak dari perubahan iklim juga akan mempengaruhi ketersediaan air, terutama bagi para petani. "Diperkirakan 50 juta petani akan menghadapi kekurangan air. Kekurangan air ini akan berujung pada masalah kekeringan yang serius," tandasnya dengan tegas.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%