Tampang

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ada Petir Ketika Musim Hujan

27 Jun 2024 19:34 wib. 31
0 0
Petir
Sumber foto: detik.com

Musim hujan adalah saat yang menyenangkan bagi sebagian orang karena udara menjadi lebih segar dan tanaman pun tumbuh subur. Namun, musim hujan juga seringkali disertai dengan badai petir yang dapat membahayakan kehidupan manusia. Badai petir adalah fenomena alam yang tidak bisa dihindari, namun kita bisa mengurangi risiko dengan menghindari melakukan beberapa kegiatan berbahaya saat petir sedang terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat ada badai petir.

1. Berada di Luar Ruangan
Salah satu kegiatan paling berbahaya saat badai petir adalah berada di luar ruangan. Terutama jika petir sedang terjadi atau diperkirakan akan segera terjadi. Hindari aktivitas seperti berolahraga, berkemah, atau bermain di lapangan terbuka saat cuaca sedang buruk. Kegiatan ini dapat meningkatkan risiko terkena petir secara langsung.

2. Menggunakan Alat Listrik
Saat badai petir, sebaiknya hindari menggunakan alat-alat listrik yang rentan terhadap lonjakan listrik atau petir seperti telepon, komputer, atau alat elektronik lainnya. Hubungkan alat-alat tersebut ke stop kontak grounding untuk mengurangi risiko kerusakan akibat petir.

3. Mendekati Air
Air merupakan pelindung alami yang baik terhadap petir karena kemampuannya untuk mengalirkan arus listrik. Namun, jika kita berada di dalam air atau di sekitar air saat badai petir, risiko terkena petir akan sangat meningkat. Oleh karena itu, hindari berenang atau mandi di dalam kolam renang atau sungai saat badai petir.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Orange is The New Green
0 Suka, 0 Komentar, 27 Agu 2017
Harap Optimis Sedang Ada Ujian!
0 Suka, 0 Komentar, 20 Des 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%