Tampang

Gunung Ruang Kembali Muntahkan Material Abu Vulkanik

23 Apr 2024 11:49 wib. 633
0 0
Gunung Ruang Kembali Muntahkan Material Abu Vulkanik
Sumber foto: google

Gunung merupakan keajaiban alam yang menyimpan banyak misteri di dalamnya. Salah satu fenomena alam yang seringkali terjadi adalah letusan gunung yang muntahkan material abu vulkanik. Baru-baru ini, gunung Ruang kembali erupsi pada Jumat 19 April 2024 sekitar pukul 17.00 WITA menggemparkan dengan letusannya yang menghasilkan material abu vulkanik yang tersebar luas di sekitar lereng gunung.

Gunung Ruang, yang terletak di daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Sulawesi Utara, merupakan salah satu gunung api yang aktif dan status nya masih berada di level IV atau AWAS. Letusan yang terjadi pada gunung ini telah menyebabkan ketakutan dan kekhawatiran bagi masyarakat sekitar. Material abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung ini telah menimbulkan dampak yang signifikan, baik secara ekonomi maupun lingkungan.

Dalam sebuah letusan gunung, material abu vulkanik merupakan salah satu bentuk hasil dari proses erupsi. Abu vulkanik terbentuk dari partikel-partikel padat yang dihasilkan oleh material magma yang keluar dari dalam gunung. Material abu vulkanik ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari partikel sangat halus hingga partikel yang lebih kasar. Ketika gunung meletus, material abu vulkanik tersebut akan terbawa angin dan tersebar ke berbagai arah, menghantarkan dampak yang luas.

Dampak dari muntahnya material abu vulkanik oleh gunung Ruang tidak dapat dianggap remeh. Tersebarnya abu vulkanik dapat mengganggu aktivitas manusia, terutama dalam hal kesehatan. Partikel-partikel abu vulkanik yang terhirup oleh manusia dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pernapasan dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, material abu vulkanik juga dapat merusak tanaman dan hewan di sekitar gunung, mengancam keberlangsungan kehidupan ekosistem di wilayah tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?