Tampang

Dampak Potensial Bergabungnya PDIP ke Pemerintahan Terhadap Oligarki di Indonesia

10 Okt 2024 18:29 wib. 50
0 0
Dampak Potensial Bergabungnya PDIP ke Pemerintahan Terhadap Oligarki di Indonesia

Ekonomi dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Achmad Nur Hidayat, mencatat bahwa peluang bergabungnya PDIP ke pemerintahan Prabowo-Gibran semakin memperkuat pola-pola yang mendukung Indonesia menjadi negara oligarki. Hal ini berkaitan dengan laporan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebutkan 61 persen anggota DPR merupakan pebisnis atau pengusaha.

Menurut Achmad, pola oligarki terbentuk ketika kekuasaan politik dan kekuatan ekonomi berkelindan. Di mana pengusaha memiliki akses langsung dan signifikan terhadap pembuatan kebijakan. Dalam hal ini, ia menyatakan kekhawatiran akan konsekuensi masuknya PDIP ke dalam kabinet Prabowo dan absennya oposisi yang kuat. Menurutnya, hal ini bisa memperparah kecenderungan oligarki di Indonesia.

Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan besar dalam menjaga keseimbangan kekuasaan politik dan ekonomi. Pasalnya, jika semua partai politik di parlemen menjadi bagian dari pemerintahan tanpa adanya oposisi yang kuat, ruang untuk aspirasi rakyat bisa semakin menyempit dan proses demokrasi yang sehat akan terganggu.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.