Tampang

Dampak Potensial Bergabungnya PDIP ke Pemerintahan Terhadap Oligarki di Indonesia

10 Okt 2024 18:29 wib. 48
0 0
Dampak Potensial Bergabungnya PDIP ke Pemerintahan Terhadap Oligarki di Indonesia

Achmad menyoroti bahwa kondisi ini juga dapat berbahaya karena mengurangi ruang bagi masyarakat luas untuk mendapatkan manfaat dari kebijakan ekonomi yang adil dan berimbang. Ketika pengusaha memiliki pengaruh besar terhadap pembuat kebijakan, ada risiko bahwa regulasi yang diberlakukan tidak lagi mencerminkan kepentingan umum, melainkan kepentingan segelintir elite bisnis.

Praktik ini, menurut Achmad, dapat mempertajam ketimpangan ekonomi karena kebijakan yang dibuat lebih fokus pada kepentingan bisnis besar daripada rakyat itu sendiri. Industri-industri yang dekat dengan penguasa bisa mendapatkan keuntungan khusus, seperti keringanan pajak, kontrak pemerintah, atau perlindungan dari persaingan, yang pada akhirnya menciptakan distorsi dalam pasar.

Lebih lanjut, keberadaan oposisi yang efektif merupakan penjagaan terhadap risiko terjadinya korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Sebaliknya, pemerintahan yang tidak diawasi cenderung lebih rentan terhadap praktik korupsi, nepotisme, dan pemborosan anggaran.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Tampil Cantik Tanpa Perhiasan
0 Suka, 0 Komentar, 14 Mar 2018
PILKADA : Optimisme Pasangan Rindu
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jun 2018
partai komunis indonesia
0 Suka, 0 Komentar, 18 Sep 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.